Jumat, 30 April 2010

Tanda-tanda Kiamat Menurut Islam

Ketahuilah bahwa kiamat itu sungguh akan terjadi dan pasti terjadi.Maka marilah kita siapkan diri kita dari sekarang, bukan besok,bukan tahun depan.Kapan lagi? Tetapi sesungguhnya Hari kiamat itu hanyalah Allah SWT yang Maha tau kapan akan terjadi wallahualam. Didalam agama Islam terlalu banyak kajian-kajian yang menjelaskan tentang datangnya hari kiamat, sebagaimana terdapat di dalam Al-quran :

Allah SWT Berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Qaa'riah ayat 1-11 :
Artinya : Hari kiamat,apakah hari kiamat itu?, pada hari itu manusia seperti kupu-kupu yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.Dan adapun orang-orang yang berat timbangannya(kebaikan),maka diaberada dalam kehidupan yang memuaskan,dan adapun orang-orang yang ringan  timbangan(kebaikannya), maka tempat kembalinya adalah neraka hawiyah.Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? yaitu api yang sangat panas.
Didalam Al-Quran Surat  (Al-Hajj: 7). 
Allah berfirman:
“Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (Al-Hajj: 7).

Firman Allah, “Sesungguhnya Hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.” (Ghafir: 59).
Firman Allah, “Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (Al-Qamar: 1).
Maka masih banyak penjelasan-penjelasan Tentang Datangnya hari kiamat dan kejadian-kejadiannya di dalam Al-qur'an. Selain itu banyak juga hadist-hadist yang menjelaskan tentang hari kiamat.
Tanda-tanda Kiamat ada dua macam yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar.

* Tanda-tanda Kiamat Kecil
adalah tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama, dan kejadiannya biasa, seperti dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, minum khamr, berlomba-lomba dalam membangun, dan lain-lain. Terkadang sebagiannya muncul menyertai tanda kiamat besar atau bahkan sesudahnya.
    Para ulama berbeda pendapat tentang permulaan yang muncul dari tanda kiamat besar. Tetapi Ibnu Hajar berkata, “Yang kuat dari sejumlah berita tanda-tanda kiamat, bahwa keluarnya Dajjal adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar, dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh di muka bumi. Dan diakhiri dengan wafatnya Isa a.s. Sedangkan terbitnya matahari dari Barat adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan perubahan kondisi langit. Dan berakhir dengan terjadinya kiamat.” Ibnu Hajar melanjutkan, ”Hikmah dari kejadian ini bahwa ketika terbit matahari dari barat, maka tertutuplah pintu taubat.” (Fathul Bari)

Tanda-tanda kiamat kecil terbagi menjadi dua: Pertama, kejadian sudah muncul dan sudah selesai; seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman. Kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah; seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dan lain-lain.
Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah:
1. Diutusnya Rasulullah saw
Jabir r.a. berkata, ”Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda, ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian.’ Beliau melanjutkan, ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini.’ Rasulullah saw. mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

2. Disia-siakannya amanat
Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata, “Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.” Berkata sebagian yang lain, “Rasul saw. tidak mendengar.” Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu, ”Saya, wahai Rasulullah saw.” Rasulullah saw. Berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” Bertanya, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. Menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)

3. Penggembala menjadi kaya
Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, ”Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi)

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam
”Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000.” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

7. Munculnya kaum Khawarij
Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai di tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Di mana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR Bukhari).

8. Banyak polisi dan pembela kezhaliman
“Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)

9. Perang antara Yahudi dan Umat Islam
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

10. Dominannya Fitnah
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmu
12. Merebaknya perzinahan
13. Banyaknya kaum wanita
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)
14. Bermewah-mewah dalam membangun masjid
Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

15. Menyebarnya riba dan harta haram
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram.” (HR Ahmad dan Bukhari)

* Tanda-Tanda Kiamat Besar
Sedangkan tanda-tanda kiamat besar yaitu kejadian sangat besar dimana kiamat sudah sangat dekat dan mayoritasnya belum muncul, seperti munculnya Imam Mahdi, Nabi Isa, Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj.

Daripada Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata:Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari qiamat”. 

Lalu Nabi saw. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”.
H.R Muslimi  
    
Sepuluh tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. dalam hadis ini adalah tanda-tanda qiamat yang besar-besar, akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. Sepuluh tanda itu ialah:

  1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.
  2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan meragut keimanan, hinggakan ramai orang yang akan terpedaya dengan seruannya.
  3. Dabbah-Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.
  4. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa.
  5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal.
  6. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini, iaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.
  7. Gempa bumi di Timur.. Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China, Tsunami di Aceh.
  8. Gempa bumi di Barat. Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico, Argentina, Brazilia dan negara-negara Amerika Latin
  9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.. Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya.
  10. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. (Apa ini bahaya Nuklir?)
Mengikut pendapat Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari beliau mengatakan: “Apa yang dapat dirajihkan (pendapat yang terpilih) dari himpunan hadis-hadis Rasulullah Saw. bahawa keluarnya Dajal adalah yang mendahului segala petanda-petanda besar yang mengakibatkan perubahan besar yang berlaku dipermukaan bumi ini. Keadaan itu akan disudahi dengan kematian Nabi Isa alaihissalam (setelah belian turun dari langit). Kemudian terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya adalah permulaan tanda-tanda qiamat yang besar yang akan merusakkan sistem alam cakrawala yang mana kejadian ini akan disudahi dengan terjadinya peristiwa qiamat yang dahsyat itu. Barangkali keluarnya binatang yang disebutkan itu adalah terjadi di hari yang matahari pada waktu itu terbit dari tempat tenggelamnya”.
 




















Kamis, 29 April 2010

Misteri Terbelahnya Bulan

Allah SWT berfirman "Sungguh telah dekat hari kiamat, dan bulan pun terbelah (QS.Al-Qamar : 1)
Mengenai ayat ini, Ada sebuah kisah Nabi Muhammad SAW.
Di masa sebelum hijrah dari Mekkah Al-Mukarramah ke Madinah, orang-orang musyrik berkata, " Wahai Muhammad, kalau engkau benar Nabi dan Rasul, coba tunjukkan kepada kami satu kehebatan yang bisa membuktikan kenabian dan kerasulanmu ( mengejek dan mengolok-olok nabi)?" rasulullah SAW bertanya," Apa yang kalian inginkan?" Mereka menjawab: " Coba belahlah bulan..." Maka rasulullah saw pun berdiri dan terdiam, lalu berdoa kepada Allah SWT agar menolongnya. Maka Allah SWT memberitahu Muhammad saw agar mengarahkan telunjukknya ke bulan, rasulullah pun mengarahkan telunjuknya ke bulan, dan terbelahlah bulan itu dengan sebenar-benarnya. Maka serta-merta orang-orang musyrikpun berkata, " Muhammad, engkau benar-benar menyihir kami!" mereka tidak percaya dengan kejadian itu, tetapi Rasulullah tetap sabar.

 Kemudian orang-orang kuraisy pun bergegas menuju keluar batas kota Mekkah menanti orang yang akan pulang dari perjalanan. Dan ketika datang rombongan yang pertama kali dari perjalanan menuju Mekkah, maka orang-orang musyrik pun bertanya, "Apakah kalian melihat sesuatu yang aneh dengan bulan?". Mereka menjawab, Ya, benar. Pada suatu malam yang lalu kami melihat bulan terbelah menjadi dua dan saling menjauh masing-masingnya kemudian bersatu kembali..!!!" Maka sebagian mereka pun beriman, dan sebagian lainnya lagi tetap kafir (ingkar). 
Oleh karena itu Allah menurunkan Ayat-Nya : Sungguh, telah dekat hari kiamat, dan telah terbelah bulan, dan ketika melihat tanda-tanda kebesaran Kami, merekapun ingkar lagi berpaling seraya berkata , "Ini adalah sihir yang terus menerus", dan mereka mendustakannya, bahkanmengikuti hawa nafsu mereka..( QS. Al-Qamar ayat 1)



Ini adalah bukti nyata dari Mukjijat Nabi Muhammad SAW. Menurut Para pakar ruang angkasa AS, Dalam rangka melakukan perjalanan ke antariksa dan ingin menginjakkan kakinya di bulan,dimana perjalanan antariksa ke bulan tersebut telah menghabiskan dana tidak kurang dari 100 juta dollar. Tujuan mereka adalah ingin menancapkan ilmu pengetahuan AS di bulan. Dan mempelajari kandungan yang ada di dalam bulan itu sendiri. Setelah penelitian  mereka itu berhasil,tiga pakar ruang angkasa tadi berkesimpulan bahwa " Ternyata bulan pernah mengalami pembelahan di suatu hari dahulu kala, kemudian menyatu kembali.!! mereka mendapati secara pasti dari batuan-batuan yang terpisah terpotong di permukaan bulan sampai di dalam (perut) bulan. Penelitian ini terbukti di dalam Al-Qur'an Surat Al-Qamar ayat 1 .

Hikayat Sang Maut

 Diriwayatkan dalam suatu hadist bahwa tatkala Malaikat Maut diciptakan oela Allah ta'la, Dihijab-Nya-lah dengan sejuta hijab. Tubuh sang Malaikat itu besarnya lebih besar daripada tujuh lapis langit dan bumi. Sebelum ia dirantai dengan 70.000 rantai. Jarakdari tiap-tiap rantanya berjarak sama dengan tujuh ratus perjalanan. Tidak ada seorang pun dari para malaikat yang mendekati dan mengetahui wujudnya. Hanya terkadang suaranya saja yang terdengar. Hingga ketika nabi Adam tercipta, Allah SWT menyerahkan pengurusan malaikat maut kepada Malaikat Izrail. Izrail bertanya mengenai malaikat maut it, " Ya Tuhanku, siapakah itu?"
  Kemidian Allah menyibakkan hijab Malaikat Maut itu, sehingga terlihatlah sang Malaikat Maut oleh Malaikat Izrail. Dan para Malaikat lainnya diperintahkan oleh Allah SWT untuk berdiri melihat Maut. malaikat Maut diperintahkan oleh Allah SWT untuk terbang agar dapat disaksikan oleh seluruh Malaikat. Subhanallah...para malaikat jatuh pingsan melihat wujud Maut itu. SEribu tahun kemudian batu siuman.

  Malaikat bertanya kepada Allah SWT, " Ya Tuhanku, adalah Kau ciptakan makhluk-Mu yang lebih besar daripada Maut itu?" Allah menjawab, " Aku (Allah) yang menciptakan dan Aku (Allah) jugalah yang lebih besar daripada dia. sesungguhnya seluruh makhluk merasakan maut juga."
Allah SWT berfirman kepada Izrail, " Sesungguhnya Aku (Allah) menyerahkan pengurusan Maut itu kepada engkau." Sahut Izrail, " Ya Tuhan-Ku, dengan kekuatan yang mana hamba-Mu memegang sebab dia lebih besar daripada hamba." Allah pun mengkaruniai Izrail kekuatan yang lebih besar daripada Maut, sehingga Izrail dapat memegang Malaikat maut tadi. Malaikat itu pun pasrah terhadap pemeliharaan oleh Izrail tersebut, karena memang kehendak Allah semata.

  Pada suatu waktu, Izrail datang kepada Allah untuk mengajukan permohonan, katanya, " Ya Rabbi, karunialah kiranya kepada hamba-Mu suara lantang yang membahana ke seluruh langit ini.."
Allah pun mangabulkannya. Mulailah malaikat maut menyeru-nyeru dengan sangat lantangnya. " Akulah Maut yang menceraikan antara seluruh kekasih dengan kekasihnya. Dan akulah yang menceraikan antara isteri dan suaminya. Dan akulah yang menceraikan seluruh anak dan Ibunya. Dan akulah yang menceraikan antara seluruh saudara laki-laknya dengan saudara perempuanyya,
   Ketika didatangkan Malaikat Maut kepada seseorang, berdirilah sang maut dihadapannya seperti rupa orang yang hendak mati itu. Ditanyalah maut, " Siapakah engkau, dan apa keinginanmu?"
Sahut malaikat Maut, " Akulah Maut yang mengeluarkan engkau dari dalam dunia ini, dan akulah yang menjadikan anakmu yatim dan menjadikan isterimu seorang janda,membuat seluruh harta warisanmu dipusakai oleh orang yang tidak engkau cintaisekalipun pada masa hidupmu.

 Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa malaikat Maut menetap dilangit ke tujuh, Allah SWt menciptakannya dari nur. Memiliki kaki. Dia(maut) memiliki sayap yang berjumlah 70.000 buah. Tubuhnya penuh oleh mata dan lidah. Tidak ada seorang pun makhluk yang bernyawa yang wajahnya tidak terdapat pada tubuh malaikat ini..Pada tubuh Malaikat Maut juga terdapat empat muka. pertama, diwajahnya; kedua di kepalanya; ketigadi lehernya; keempat, pada telapak kakinya.

Rabu, 28 April 2010

Ruh-ruh Anak Cucu Nabi adam

Setelah Nabi Adam Di perintahkan Oleh Allah SWT untuk menunaikan Ibadah Haji,Beliau sngat rajin dalam menjalankan perintah Allah SWT. Suatu ketika Nabi Adam berada  di dekat Ka'bah,Malaikat Jibril mendekatinya.Jibaril mendapat perintah dari Allah SWT untuk membawa Adam as ke satu sungai. Dahulu dinamakan dengan sungai NA'MAL. Sesuai dengan perintah Allah SWT, Jibril menyapukan tanah dari dasar sungai itu ke bagian belakang tubuh Nabi Adam as. Adam as pun penasaran ingin bertanya," Hai Jibril, hikmah apakah ini?" jawab Jibril " Itulah anak cucumu uang kan dijadikan oleh Allah SWT."
     Setelah proses itu, mata Nabi ADam as. dibukakan hijabnya. Dilihatnya ruh yang begitu  banyak. memenuhi angkasa di atas Nabi Adam as. " Hai Jibril, apa yang datang begitu sangat banyaknya" tanya Nabi Adam as.
" Itulah ruh seluruh anak cucumu," jawab Jibril. " Jika demikian banyaknya anak cucu hamba, dimanakah tempatnya di dalam dunia ini?" tanya Adam a.s. lagi.
" Hikmah Tuhanmu yang Mahakuasa terhadap ciptaan-Nya. Hai Ada, sebagian diciptakan-nya, sebagian lagi di dalam rahim ibunya, dan sebagian lagi di sulbi bapaknya. Dan mereka yang telah ada sebelumnya sebagian dimatikan," jelas Jibril. 
Firman Allah SWT: " Sebagian kuciptakan anak cucu Adam, dan sebagian lagi tersebar pada tulang belakang Adam, dan sebagian pada rahim Hawa, dan sebagian lagi terhampar di dalam bumi."
 " Anak cucuku ini kulihat bermacam-macam perilakunya, sebagian Islam, sebagian Kafir, sebagian mukmin, sebagian perusak, sebagian bahagia, sebagian sengasara, sebagian kaya, dan sebagian miskin, ujar Nabi Adam a.s. " Hai Adam, Firman Allah SWT, "Lihatlah olehmu anak cucumu yang kaya itu, tidaklah ia mengatakan anugerah-Ku, dan yang miskin itu, tidaklah sabar dan bersyukur terhadap-Ku."

Kemudian Allah SWT memerintahkan kepada seluruh arwah tersebut bershaf-shaf, teratur dari Masyrik hingga ke Maghrib. Berkat hikmah Allah, mereka yang berada pada shaf sbelah kanan itulah orang-orang  beriman, sedangkan yang disebelah kirinya adalah mereka yang munafiq, Zandiq, dan sombong. Mereka yang dihadapan Adam a.s itu adalah para Nabi,dan Wali (Ulama). Sedangkan yang berada dibagian belakang Adam a.s adalah orang-orang kafir dan musyrik. Allah SWT berfirman: : Alastu bi Rabbikum, (Bukankah Aku Tuhanmu)?" Arwah-arwah itu pun berkata, " Bahwasanya Engkaulah Tuhan Kami".
Firman-Nya lagi, " Sujudlah kamu sekalian pada Tuhan kamu yang menciptakan kamu itu!"
  maka shaf yang disebelah kanan Nabi Adam a.s itu seluruhnya bersujud. Sedangkan yang di sebelahkirinya tidak mau sujud.

  Datnglah firman Allah SWT lagi, " Sujudlah kamu sekalian sekali lagi!" Maka shaf yang sebelah kanan sepertiganya tidak mau sujud, dan dua pertiganya masih tetap sujud. Dan yang di sebelah kiri Adam a.s itu dua pertiga bagian merendahkan dirinya, lalu akhirnya mau sujud. Mereka yang kalipertama bersedia bersujud, kemudian menjadi tidak mau sujud, itulah mereka yang pada awalnya memeluk islam, kemudian di hari kematianyatelah menjadi kafir. Adpun mereka yang  tidak bersujud pada kali pertama, dan kemudian akhirnya bersedia bersujud, mereka adalah orang yang pada awalnya kafir, namun akhir hidupnya telah menjadi muslim. Sedangkan mereka yang pada awalnya sujud, kemudian bersujud lagi, mereka adalah orang yang pada awalnya beragama islam dan akhir hayatnya masih tetap beragama islam. Dan arwah-arwah yang tidak sujud sekalipin, merekalah yang selama hidupnya tetap dalam kekafiran.

" Ya Asam, seluruh (ruh) yang berada di sebelah kanan itu adalah umat islam yang akan mengisi surga, dan seluruh (ruh) yang berada di sbelah kiri itulah yang kan mengisi neraka. Hai Adam, bahwasanya tidak ada artinya terhadap-ku segala kedurhakaan mereka itu," tegas Allah SWT Mendengar firman tersebut, menangislah nabi Adam a.s, seraya berucap, "ya Tuhanku, tidaklah Kau jadikan mereka seluruhnya juga satu beragama islam, dan seluruhnya menyembah Engkau." 
"Hai ADam, oleh karena itulah, Kuciptakan mereka itu. Barangsiapa yang percaya terhadap segala tanda(kebesaran-Ku)
, dan Rasul-Ku, serta ismail dan Ishak pun tahu terhadap anaknya Ya'qub menjadi nabi, dan Ya'qub pun tahu terhadap anaknya Yusuf menjadi nabi, dan Yusuf pun tahu terhadap Musa menjadi nabi, dan Musa pun tahu terhadap saudaranya Harun menjadi nabi, dan Harun pun tahu terhadap Daud menjadi nabi, dan daud pun tahu terhadap Sulaiman yang menjadi nabi, dan Sulaiman pun tahu terhadapYunus menjadi nabi, dan Yunus pun tahu terhadapZakariya menjadi nabi, dan Zakariya pun tahu terhadap Yahya menjadi nabi, dan Yahya pun tahu terhadap Isa menjadi nabi, dan Isa pun tahu terhadap Muhammad SAW menjadi nabi serta  rasul, dan beliaulah akhir dari segala nabi."

Minggu, 25 April 2010

Alqur'an dan Hadist Tentang Nur Muhammad

Sebelum membaca tentang Al-qur'an dan hadist yang menjelaskan Nur Nabi muhammad,baca dulu DISINI 

 Dalam QS. Al- Maidah surat kelima ayat 15 Allah SWT berfirman : 
"... Qad jaa akum min allahi nuurun wa kitaabun mubiin" 
artinya : "... Sungguh telah datang padamu dari Allah, Nuur (cahaya) dan kitab yang jelas dan menerangkan.
cahaya maksudnya Nabi Muhammad dan Kitab maksudnya Al-Qur'an

Kemudian dalam QS.An-Nuur 24 : 35 Allah berfirman : 
"...Matsalu nuurihi kamisykaatin fiihaa mishbaab, al mishbaabu fii zujaajah; az zujaajatu kaannahaa kaukabun durriyyun yuuqadu min syajaratin mubaarakatin zaituunatin laa syarqiyyatin wa laa gharbiyyatin yakaadu zaituhaa yudhii-u wa lau tamsashu naarun; nuurun 'alaa nuurin..."

Penciptaan Nur Nabi Muhammad

Suatu hari Sayidina Ali, karam Allahu wajhahu, misan dan menantu Nabi Suci SAW bertanya, " Wahai ( Nabi) Muhammad, kedua orang tuaku akan mrnjadi jaminanku, mohon katakan padaku apa yang diciptakan Allah ta'la sebelum makhluk ciptaan? Beliau menjawab : Sesungguhnya, sebelum Rabbmu menciptakan lainnya, Dia menciptakan dari Nur-Nya nur Nabimu." 
Di Hadist yang lain, yang diriwayatkan dari Abdurrazaq ra yang diterimanya dari Jabir ra, bahwa Jabir pernah bertanya kepada Rasulullah saw, " Ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku, apakah yang mula-mula sekali Allah jadikan? Rasulullah menjawab : " Sesungguhnya Allah ciptakan sebelum adanya sesuatu adalah nur Nabimu dari Nur-Nya." Nur Muhammad itu sudah ada sebelum adanya segala sesuatu di alam ini. Nur Muhammad dianugerahi tujuh lautan : Lautan Ilmu, Lautan Latif, Laut Pikir, Laut Sabar, laut Akal, Laut Rahman, dan laut Cahaya.
    Dia kemudian membagi Nur ini menjadi empat bagian. Dari bagian pertama, Dia (Allah) menciptakan Pena, dari bagian kedua Lauh al- Mahfudz, dari bagian ketiga 'Arsy. Kini telah diketahui bahwa ketika Allah menciptakan lauh al-mahfusz dan Pena itu terdapat seratus simpul, jarak antara kedua sampul adalah sejauh dua tahun perjalanan. Allah kemudian memerintahkan Pena untuk menulis, dan Pena bertanya, " Ya Allah, apa yang harus saya tulis?" Allah berfirman, Tulislah : LA ILAHA ILLALLAH MUHAMMADAN RASULULLAH.

Sabtu, 24 April 2010

Adam dan Hawa Diturunkan ke Bumi

Setelah kejadian Adam dan Hawa memakan buah khuldi itu (Disini),Allah SWT kemudian memerintahkan kepada Jibril untuk mengeluarkan Adam dan istrinya(Hawa) merak,Ular,dan Iblis yang masih berada di dalam sorga ke dunia. Mengetahui akan dikeluarkan dari sorga, Adam berdiri dan menyeru-nyeru sambil menangis, karena akan berpisah dengan tempat yang dicintainya itu. Namun pa mau dikata takdir berbicara lain.

Maka berjalanlah mereka keluar dari sorga. Adam paling depan, menyusul Hawa, kemudian merak serta ular di belakangnya, dan terakhir iblis. Adam diturunkan di Sarandeep ( India), Hawa di Jeddah, merak di laut,ular di Isafahan, dan Iblis di Basrah (Irak). Dengan diturunkannya ke bumi,Adam selalu menangis, karena penyesalannya telah melanggar perintah Allah SWT..Konon sampai dua ratus tahun lamanya ia menangis, seraya mengucapkan do'a pengampunan :
" Robbanaa zolamnaa an fuusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakunanna minal khoosiriin".
  Begitu banyak air matanya yang mengalir, terbentuklah menjadi aliran-aliran sungai. Dari tebing-tebing sungai itu terbentuk pula kurma, delima, gahru, ababar, cendana, kayu mansi, dan qarnafal.Seekor binatang yang bernama Tha'irun-nasar melihat Adam menangis, ia ikut pula menangis. Binatang-binatang lain yang mengetahuinya ikut pula menangis. Sementara itu, Hawa pun sama pula menangis. Dari air matanya, jadilah celak dan hinai. Sedangkan yang mengalir ke laut menjadi mutiara yang nantinya menjadi perhiasan.

Iblis Dapat masuk ke Dalam Surga

 Adam berfikir bahwa seluruh pintu sorga begitu kokohnya; tidak mungkin dapat dimasuki oleh iblis. Di samping itu, katanya dalam hati, bahwa apa kesalahannya terhadap iblis, lagi pula iblis bertempat sangat jauh dengan dirinya, yakni di bumi, dan Adam a.s di surga. Iblis senantiasa mencari jalan ingin memperdayakan Adam a.s hingga membinasakannya. Iblis mulai memcari kesempatan untuk menyesatkannya. Iblis pun pergi dari bumi lapis pertama, menuju surga yang melalui tujuh lapis langit.

Singkat cerita, Iblis telah tiba di depan pintu surga. Dengan sabar ia menanti terbukanya pintu itu. Tiba-tiba datang ke dekat pintu surga seekor burung merak. Merak melihat keluar melalui celah-celah dinding surga, karena didengarnya ada suara suatu tangisan di sana. " Siapa engkau ini?" tanya merak. " Aku ini seorang malaikat di antara para malaikatyang banyak. Dan aku sangat ingin bertemu dengan engkau,"jawab iblis.
" Mengapa engkau duduk di sini.Apa dayamu hendak bertemu dengan aku ini?"tanya merak lagi.
kemudian engkau berdiri di depan pintu surga ini, agar diajari padamu suatu do'a yang hendak kuajarkan ini tiga hal khasiatnyaakan dianugerahkan oleh Allah SWT kepada siapapun yang mengamalkannya. Pertama, muda selama-lamanya; kedua, tidak mati selama-lamnay; dan ketiga, ia tidak akan keluar dari surga selama-lamanya.," ujar Iblis.

Penciptaan Hawa

Dalam satu kesempatan, Allah SWT Berfirman kepada para Malaikat, " Kau bawalah Adam ke langit untuk menghadap Aku, Tuhan Yang Mahamulia lagi Mahabesar." Seluruh isi langit memuji Allah SWT. Kemudian Tuhan melihat rupa Adam. Setelah Adam dinobatkan sebagai khalifah, beliau kemudian diarak ke dalam sorga Janntul Fiedaus. Namun, di dalam sorga tak seorang pun dia melihat yang serupa dengannya sebagai seorang manusia. Adam a.s ingin beristrahat. Dia berbaring di atas lambung kanannya. Rasa kantuk membuatnya tertidur. Allah SWT Maha Mengetahui isi hati setiap makhluk-Nya. Demikian pula dengan keadaan Nabi Adam a.s, Allah SWT mengetahui Adam a.s berduka, karena tidak memiliki seorang teman yang sejenis dengannya. Lalu diciptakanlah seorang manusia lain saat ia masih tertidur. Ciptaan yang baru itu adalah Hawa.

Kisah Pembangkangan Iblis Azazil

Dikisahkan tatkala  nabi Adam a.s. sudah di arak mengelilingi langit, kemudian diarak pula menuju bumi. Di bumi, pada waktu itu terdapat para Malaikat bersama iblis. Allah SWT memerintahkan kepada para Malaikat dan iblis untuk bersujud hormat, " Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para Malaikat : Sujudlah kamu kepada Adam, ' maka sujudlah mereka kecuali Iblis (QS.Albaqorah ayat 34). Para Malaikat yang melihat Iblis tidak bersujud, bergumam di dalam hatinya: "Siapa yang telah tidak mau bersujud, itulah iblis, dan ialah (akan) menjadi iblis."

  Para Malaikat sekali lagi bersujud, sujud syukur kali ini, yaitu memuji karunia Tuhan terhadap Nabi Adam a.s. Para malaikat akan selalu menjunjung tinggi dan menuruti segala apa yang di firmankan-Nya, serta tidak akan mengikuti segala apa yang tidak diperintahkannya. Oleh karena itu, para malaikat hingga kini selalu taat terhadap perintah Allah  SWT. Perilaku Iblis yang tidak menuruti  perintah Allah SWT menjadi pertanyaan Allah SWT, "Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku? (QS.38:75). Jawab Iblis, " Aku lebih baik darinya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia( Adam) Engkau ciptakan dari tanah".(QS.38 :76).

Jumat, 23 April 2010

Menyingkap Penciptaan Adam

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Albaqorah ayat 30 :
Artinya: Ingatlah ketika tuhanmu berfirman kepada para malaikat : " sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ". Mereka berkata :"Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman :"Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui " (QS.2:30)

Proses penciptaan Adam

Allah SWT berfirman kepada Jibril, " Hai Jibril,turunlah engkau ke bumi. Ambillah Aku segenggam tanah. Aku hendak menciptakan Adam!". Jibril pun turun ke bumi Saat hendak diambil, tanah itu bergoncang hebat. Dengan ijin-Nya, Jibril dapat mendengar perkataan bumi. " Demi Allah,Tuhan Yang Maha Tinggi. Hai Jibril, jangan engkau ambil, aku takut (diriku) dijadikan sebagai khalifah, karena aku takut berbuat durhaka kepada Tuhan seru seluruh alam. Dan aku sangat takut terhadap siksa neraka".
    Jibril pun kembali kepada Allah SWT.Ia melaporkan sikap bumi yang menolaknya untuk dijadikan sebagai bahan penciptaan Adam. Jibril bersedia diperintahkan sekali lagi, namun Allah SWT memerintahkan Malaikat Mikail harus mengambil tanah di bumi. Mikail pun mengalami perlakuan yang sama seperti halnya Jibril.
Seperti juga Jibril, Mikail pun melaporkan hasil kerjanya kepada Allah SWT, dan siap pula menjalankan perintah-Nya sekali lagi.Namun,Allah tidak memerintahkan lagi Mikail, melainkan Malaikat Israfil yang akan mengambilnya.

Awal Mula Alam Semesta

Alam semesta sudah menjadi perhatian manusia semenjak dulu kala.Beberapa pertanyaaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang terdahulu hadir : Dari mana dunia ini datang ? dari apa bumi di buat?dari mana dan kapan permulaanya? prtanyaan ini sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya Rahasia Penciptaan Langit dan Bumi.. 
   Jawaban-jawaban berkembang pada masing-masing bangsa dan peradaban.Jawaban itu menjadi cerita, cerita menjadi legenda dan legenda menjadi mitos. Seiring berkembangnya ilmu pengetahua, orang mulai melakukan pengamatan lebih rasional terhadap alam semesta. Astronomi berkembang, dari pengamatan bintang dan planet melebar ke studi struktur dan evolusi alam semesta. Sehingga lahirlah Kosmologi, sains yang mencari pemahaman fundamental alam semesta.
Allah SWT berfirman :
  Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air kami jadikan segala yang hidup, maka mengapa mereka tiada juga beriman ? ( QS. Al Anbiya : 30 )

Kata "ratq" yang ada dalam Qur'an Surat Al Anbiya diatas diterjemahkan sebagai " suatu yang padu" di gunakan untuk merujuk pada dua zat berbeda yang membentuk suatu kesatuan. Ungkapan " Kami pisahkan antara keduanya" adalah terjemahan kata arab " fataqa", dan bermakna bahwa sesuatu muncul menjadi ada melalui peristiwa pemisahan atau struktur dari " RATQ".

Para Penghuni Bumi Sebelum Adam

Pada saat bumi berumur delapan ribu tahun,keadaanya masih kosong. di sini sudah terdapat banyak biji sawi putih. Kemudian Allah SWT menciptakan seekor unggas yang bernama TABIRUNNASAR. Allah SWT berfirman kepada-Nya : " hai unggas tabirunnasar,makanlah olehmu biji sawi itu. Apabila habis biji sawi itu,engkau akan kumatikan."
  Sang unggas pun memakan biji-bijian itu.Namun, cara memakannya diatur: pertama,sehari satu biji yang dimakan.Setelah semakin berkurang. maka kini dimakannya hanya satu biji sebulan. Biji sawi itu semakin berkurang saja. Oleh karena begitu takutnya terhadap kematian,maka sang unggas hanya memakan satu biji dalam setahun. Namun,akhirnya habislah biji-biji sawi itu. Tabirunnasar pun akhirnya mati.

Setelah kematian tersebut,Allah SWT menciptakan makhlik lain sebagai penghuni bumi, yaitu tujuh puluh orang laki-laki. Namun tidak semuanya langsung diciptakan, melainkan satu persatu Allah SWT menciptakannya.Apabila seorang meninggal, maka langsung diciptakan yang lain. Masing-masing dari mereka berumur 70.000 tahun.Konon,setahun pada masa itu sama dengan seribu tahun pada masa sekarang.Tatkala telah mati tujuh puluh lelaki itu, kemudian Allah ciptakan Jin.
Allah berfirman : "Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. ( Q.S. 55 : 1 )

Rahasia Penciptaan Langit dan Bumi

Ujar Ibnu Abbas r.a bahwa pada saat Allah SWT hendak menciptakan tujuh lapis langit dan bumi,yang pertama kali diciptakan adalah permata putih; 70.000 tahun lamnya terhampar.Lalu Allah SWT melihat hasil karyanya itu, maka bergoncanglah permata dengan hebatnya karena menyaksikan keagungan Allah SWT.Akhirnya,permata itu pun hancur.70.000 tahun lamanya berputar-putar.Lalu menjadi air lautan.Lautan itu meluap-luap,dan berlangsung 70.000 lamanya juga.Allah SWT pun menciptakan api untuk menghanguskan air lautan tersebut.Air pun berasap dan berbuih.Buih-buih berkumpul menjadi lumpur.Dari lumpur inilah,Allah SWT menciptakan bumi.Dan dari asapnya itulah Allah menciptakan Tujuh lapis langit.Sebagaimana Allah berfirman :

artinya
Kemudian Dia menuju langit,sementara langit itu masih merupakan asap,lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi : " datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa",keduanya menjawab: kami datang dengan suka hati". ( Q.S.: 41:11)

Allah SWT memerintahkan dua malaikatnya yang bernama Towas dan Jibril untuk menghimpun buih yang telah menjadi lumpur itu. Jibril pun menghamparkannya.Maka jadilah bumi berlapis tujuh di atas lautan tadi.Allah SWT menetapkan pusat bumi di Negeri Mekah.Lalu Jibril meratakan lumpur yang telah menjadi tanah itu dari masyrik (di sebelah timur) sampai maghrib (di sebelah barat).Namun bumi menjadi bergoncang,karena terjadi perubahan tata letak terhadap lautan.Allah SWT pun berfirman kepada Jibril "Pergilah engkau ke bumi;peliharalah olehmu agar bumi itu stabil."

Jibril menuruti perintah-Nya.Jibril bersama beberapa malaikat segera menuju masyrik unruk membenahinya.Namun,lautan kemudian meluap di sebelah magrib.Ketika Jibril membenahi di sebelah maghrib,air lautan meluap di sebelah masyrik.Menyaksikan hal demikian,Jibril kemudian menghadap kepada Allah SWT : "Ya Tuhanku,Engkau pelihara langit-Mu dan bumi-Mu ini.Betapa pun hamba-Mu tahani dan hamba-Mu pelihara,tiadalah terpeliharakan oleh hamba-Mu".
Lalu Allah SWT menjadikan bukit-bukit dan gunung -gunung sebagai pasak bumi.Sebagaimana Allah SWT berfirman : Dan gunung-gunung sebagai pasak ( Q.S.78.7)
70.000 tahun lamanya maka bumi itu menghampar berlapis tujuh bagaikan baki yang terhampar.
Allah berfirman : Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.(Q.S.41.11)

 lautan pun menjadi tenang kembali.Bersusun-susun pada tempatnya.Di dalam air laut itu,Allah SWT menjadikan seekor ikan yang bernama ikan NUN yang sangat -sangat besarnya.Berada di dalamnya selama tujuh tahun.Dijadikan pula seekor sapi putih kehijau-hijauan yang sangat panjang,hanya Allah yang mengetahui bera[pa panjangnya sapi tersebut.Tanduknya bercabang empat ratus cabang.Ukuran dan satu cabang tanduk ke tanduk yang lainnya sama dengan menempuh jarak yang lamnya empat puluh tahun perjalanan.Konon,bumi ini diletakkan oleh Allah SWT di atas tanduk sapi itu,dan ikan tadi menanggung sang sapi hingga hari kiamat tiba.Sebagai makanan dari ikan NUN,diciptakan-Nya ikan.Sehari empat puluh ekor ikan yang dimakan oleh ikan NUN tersebut.
 

Support System Marketing Online

Support System Marketing Online

ALLAHUAKBAR Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers